10 Tips Nge-gym Untuk Pemula

Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal adalah dengan menggunakan sarana gym. Dengan nge-gym, Anda dapat melakukan latihan secara lebih ketat, sehingga tubuh ideal pun dapat segera Anda dapatkan. Namun gym bagi pemula tidak semudah itu.

Namun bagi pemula, gym juga perlu aturan. Anda bisa saja datang ke gym dan melakukan latihan semau Anda, tapi tentu hasilnya tidak akan maksimal.

Oleh karena itu, akan kami berikan 10 tips gym untuk pemula bagi Anda yang berniat untuk mulai nge-gym.

1. Cari Pengetahuan Seputar Gym

gym untuk pemula

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai gym adalah mencari informasi lebih terkait gym itu sendiri. Anda sebagai pemula dapat mencari pengetahuan seputar gym yang bisa menjadi bekal Anda sebelum memulai olahraga tersebut.

Beberapa fitness icon Tanah Air seperti Ade Rai, Jansen Ongko, Halim Tsiang, Adrian Maulana, Chef Edwin, Bobby Ida, hingga Akram Askar sering sekali membagikan tips-tips seputar nge-gym di sosial media mereka.

Anda dapat dengan mudah mengakses dan mendapatkan banyak ilmu dari mereka.

Biasanya pemula gym akan merasa kesulitan dalam mengaplikasikan gerakan apa yang cocok dilakukan di gym. Dari informasi-informasi yang diberikan oleh para profesional ini, Anda tidak akan bingung lagi untuk melakukan gerakan terbaik di gym.

2. Susun Jadwal Latihan

gym untuk pemula

Latihan yang terbaik adalah latihan yang dilakukan secara teratur. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang ingin nge-gym. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus bisa melakukan olahraga gym secara teratur dan maksimal.

Oleh karena itu, menyusun jadwal latihan di gym sangat penting bagi Anda. Kebanyakan dari pengguna gym tidak memiliki jadwal yang teratur, hanya pergi ke gym ketika mood atau ada waktu luang. Hasil yang didapatkan pun tidak akan maksimal.

Anda sebagai pemula dapat menyusun jadwal nge-gym Anda sesuai kemampuan.

Misalnya Anda sanggup untuk latihan secara ketat, Anda mungkin dapat menyusun jadwal gym Anda menjadi setiap 4 kali seminggu pada jam tertentu, atau 5 sampai 6 kali seminggu saja bila Anda sudah mulai merasa terbiasa.

3. Tahu Waktu Untuk Beristirahat

Untuk mencapai tubuh ideal, bukan berarti Anda harus menyiksa tubuh Anda sendiri. Jadwal latihan yang Anda susun tadi sangat disarankan agar tidak terlalu berat. Bila terlalu berat, akan membuat tubuh Anda kelelahan dan latihan pun tidak akan efektif.

Anda harus tahu kapasitas tubuh Anda sendiri. Istirahat juga penting karena notabenenya istirahat akan memberikan kita energi yang kita butuhkan sebelum kembali berlatih lagi. Jangan terlalu memaksa tubuh Anda!

4. Buat Target yang Realistis

Sebagai pemula gym, Anda perlu menyiapkan target yang jelas, apa tujuan Anda sebenarnya untuk nge-gym. Apakah Anda menginginkan tubuh berotot kekar seperti Ade Rai? Atau mungkin lebih ke tubuh yang ideal dengan otot ringan?

Target yang Anda tentukan ini yang kemudian akan mempengaruhi jenis-jenis dan tingkatan latihan yang akan Anda tempuh. Pastikan juga Anda memiliki target yang konstan (tidak berubah suatu waktu), sehingga latihan Anda akan lebih fokus.

5. Jaga Nutrisi dan Pola Makan

gym untuk pemula

Dalam mencapai tubuh yang ideal, tentu nutrisi dan asupan Anda harus bersifat teratur namun lengkap. Bila Anda sudah nge-gym dengan giat, namun tidak bisa mengatur pola makan menjadi lebih teratur, sama saja latihan Anda sudah tidak berarti lagi.

Oleh karena itu, menjaga nutrisi dan pola makan teratur sangat penting, agar program latihan Anda tidak merugi dan tidak menghasilkan apa-apa. Dengan menjaga pola makan teratur, Anda dapat dengan mudah mencapai tubuh yang Anda inginkan dengan cepat.

6. Suplemen, Jika Butuh

Aspek yang satu ini bersifat tidak wajib. Sampai sekarang masih banyak perdebatan yang mempermasalahkan tentang khasiat dari suplemen itu sendiri. Ada yang bilang suplemen tidak berpengaruh, ada juga yang bilang suplemen cukup membantu.

Sebenarnya suplemen tidak memberikan khasiat khusus dalam latihan fitness. Suplemen hanya berfungsi untuk mengisi kekurangan nutrisi yang Anda butuhkan untuk melakukan latihan di gym.

Misalnya nutrisi yang Anda dapatkan dari makanan masih kurang, suplemen bertugas untuk melengkapi.

Oleh karena itu, tubuh ideal Anda masih ditentukan secara signifikan oleh intensitas latihan Anda, bukan banyaknya suplemen yang Anda minum.

Bila Anda memilih untuk minum suplemen secara teratur, namun latihannya sendiri tidak teratur, makan Anda tidak akan mendapat hasil yang maksimal.

7. Daftar Member Gym

gym untuk pemula

Bila Anda sudah memiliki keyakinan lebih untuk nge-gym secara teratur, Anda perlu mempertimbangkan mendaftar status member di gym tersebut. Member gym akan memberikan keuntungan yang banyak bagi Anda, secara tidak langsung juga dapat menjadi motivasi Anda.

Dengan mendaftar member gym, Anda akan mendapatkan harga yang cenderung lebih murah. Di beberapa gym juga ada keuntungan-keuntungan tambahan yang disediakan oleh pihak gym.

Anda juga dapat lebih termotivasi untuk latihan teratur, karena jika tidak teratur uang member Anda akan hangus begitu saja.

8. Cari Gym Buddy

Seperti halnya bermain, nge-gym pun akan lebih seru dan menyenangkan bila Anda lakukan bersama teman-teman. Dengan memiliki gym buddy, Anda akan merasakan banyak keuntungan yang dapat mempengaruhi intensitas latihan Anda.

Gym buddy dapat menjadi teman bersosialisasi Anda di gym bila suatu saat Anda tengah suntuk atau mulai bosan dengan program gym yang akan tempuh. Tidak hanya itu, lingkungan gym juga akan terasa lebih nyaman dan bersahabat dengan adanya wajah yang familiar.

Dengan mendapatkan gym buddy, Anda juga dapat jadikan keberadaan mereka sebagai motivasi Anda dalam melakukan latihan. Anda dapat mengajak teman-teman Anda untuk memulai gym bersama, atau mencari teman baru di gym yang Anda kunjungi.

9. Sewa Personal Trainer

gym untuk pemula

Tips ini adalah salah satu tips terbaik dan tercepat untuk mencapai tubuh ideal yang Anda inginkan. Dengan semakin banyak dan besarnya gym-gym yang berdiri, maka semakin banyak jasa personal trainer yang dapat Anda gunakan.

Dengan menggunakan jasa personal trainer, Anda tidak akan memiliki waktu untuk bersantai-santai dalam durasi latihan, karena personal trainer akan terus mengawasi Anda. Hal ini tentu baik bagi Anda yang memiliki tekad kuat untuk mencapai tubuh ideal dengan cepat.

Personal trainer tentu juga memiliki pengalaman dalam soal nge-gym. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir salah gerakan atau latihan dalam gym jika berada dibawah naungan personal trainer. Mereka akan lebih mengerti latihan seperti apa yang Anda butuhkan.

10. Disiplin dan Sabar

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah persiapkan mental Anda. Tidak hanya mempersiapkan kondisi fisik, mental yang Anda miliki juga harus siap dan konsisten. Dengan memiliki mindset yang siap, latihan gym juga akan terasa ringan.

Anda adalah penguasa tubuh Anda sendiri. Kadang motivasi akan hilang ditengah jalan. Oleh karena itu butuh sikap disiplin yang tinggi untuk mendapatkan tubuh ideal yang Anda inginkan. Sebagai pemula gym, Anda harus siap mental.

Kesabaran juga dibutuhkan. Banyak orang yang melakukan latihan gym namun tidak memiliki tingkat kesabaran yang cukup, sehingga dengan cepat menyimpulkan bahwa nge-gym tidak ada gunanya.

Kapasitas orang berbeda-beda, begitu pun Anda. Anda butuh kesabaran untuk mencapai kesuksesan, begitu pula dalam nge-gym.

Akses Tempat Gym Lebih Mudah di Apartemen

Itu tadi 10 tips nge-gym untuk pemula yang sangat kami anjurkan untuk Anda terapkan. Motivasi yang diperlukan dalam memulai latihan gym untuk pemula memang tidak mudah.

Namun dengan niat yang kuat dan latihan yang teratur, Anda akan dapatkan tubuh ideal yang Anda impikan.

Salah satu hal yang menghalangi niat gym untuk pemula adalah akses yang cukup jauh. Namun hal ini tidak akan Anda temukan bila Anda merupakan penghuni apartemen.

Banyak apartemen sudah menyediakan fasilitas gym lengkap untuk memudahkan akses gym bagi pemula maupun berpengalaman.

Dengan akses mudah tersebut, motivasi untuk mulai nge-gym bagi pemula pasti akan semakin meyakinkan dan akan lebih cepat mendapatkan tubuh yang ideal.

Sumber : Jendela360

>>> Silahkan Share artikel diatas, dengan mengklik aplikasi di bawah ini ::

Mungkin Anda Menyukai