Cukup 15 Menit, Olahraga Ringan saat New Normal

Memasuki era new normal yang berlangsung dari awal bulan Juni, masyarakat tetap diimbau untuk menjalankan protokol kesehatan. Selain mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi untuk badan, penting untuk melakukan aktivitas kebugaran seperti kardio dan angkat beban di rumah.

Oleh karena itu, untuk menjaga badan tetap fit saat era new normal, maka ada cara olahraga yang simpel dan bisa dilakukan dengan waktu yang efisien di rumah. 

Yuk, simak ulasannya seperti dilansir dari Men’s Health. Apa saja?

1. Latihan Rutin

Walaupun menerapkan karantina diri, kita bisa tetap menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga, meskipun sedang tidak bisa ke gym. 

Beragam gerakan ringan sampai berat bisa dilakukan di rumah. Berikut beberapa gerakan yang bisa dilakukan di sela-sela pekerjaan rumah:

1. Lakukan plank sambil menunggu air mendidih untuk bikin teh.

2. Lakukan squat saat iklan TV muncul. 1 menit lumayan untuk melakukan squat.

3. Renggangkan Badan setelah selesai video call dengan client atau rekan kantor.

Di pagi hari, pasang lagu favorit yang upbeat dan menarilah dengan intensif. Anda juga bisa mengajak anak-anak di rumah untuk ikut menari sebelum mereka harus mengikuti virtual class bersama guru dan teman sekolah mereka.

Perlengkapan rumah tangga juga bisa digunakan untuk menggantikan peralatan gym:

1. Bicep curl menggunakan galon kecil

2. Wood Chop dengan toples makanan

3. Lakukan gerakan shoulder press dengan produk susu atau minuman lain yang cukup berat

2. Terapkan “A B C D E” dalam Menyusun Menu Makanan

Menurut Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD, makanan segar adalah sumber asupan gizi yang terbaik. 

Namun mengingat situasi di mana kita mungkin belum bisa sebebas sebelumnya pergi ke pasar atau supermarket untuk membeli bahan pangan yang segar, maka makanan beku, siap saji dan kaleng bisa menjadi opsi.

Terdapat 5 hal yang perlu diingat dalam menyusun menu makanan sehari-hari yang dirangkum oleh Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD dalam ABCDE berikut:

1. Adequacy

Usahakan menu makanan mengandung cukup nutrisi penting untuk menjaga diet yang sehat. Jangan lupa bahwa gaya hidup sehat terdiri dari 70% asupan gizi dan 30% olahraga.

2. Balance

Terapkan pola makan yang seimbang dengan rekomendasi konsumsi 40-60% karbohidrat, 20-30% lemak, dan 15-20% protein.

3. Calorie control

Jaga jumlah kalori dalam menu makanan. Kurangi makanan yang minim nutrisi dan mengandung kalori berlebih.

4. Density of nutrition

Prioritaskan makanan yang mengandung nutrisi tinggi dan jauhi makanan yang kurang sehat.

5. A bit of Everything

Usahakan  variasi dalam menu makanan sehari-hari.

Sumber : Genpi

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *