Makanan Wajib Sebelum Fitness

Permasalahan yang sering terjadi saat ingin pergi untuk fitness adalah perlu sarapan dulu nggak sih? Ada anggapan yang mengatakan kalau sarapan sebelum fitness itu bisa bikin tubuh kelebihan energi atau bisa membuat muntah saat berolahraga.

Anggapan itu tak selamanya benar. Fitness pada pagi hari artinya tubuh kamu dalam kondisi “kosong” karena energinya habis dibakar saat tidur semalaman. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengisi perut terlebih dahulu agar tetap memiliki energi saat fitness pada pagi hari.

Namun kamu tidak bisa mengonsumsi sembarang makanan sebelum fitness. Kamu harus bisa memilih apa saja yang baik untuk dikonsumsi sebelum fitness. Karena jika kamu salah memiliki makanan sebelum fitness, akan membuat kegiatan fitness kamu berjalan dengan tidak maksimal.

Berikut pilihan makanan sebelum fitness yang bisa kamu konsumsi

1. Pisang sebagai makanan sebelum fitness

makanan sebelum fitness
Pisang dapat meningkatkan performa dan daya tahan, sehingga pisang cocok untuk makanan sebelum fitness. (Sumber: Pexels)

Sebuah penelitian mengungkapkan sebanyak 70 persen energi yang kamu butuhkan saat berolahraga harus datang dari karbohidrat. Karbo juga dapat menunda kelelahan dan meningkatkan performa dan daya tahan tubuh saat latihan. Jadi tidak heran rasanya jika makanan sebelum fitness kamu sebaiknya berbahan dasar karbohidrat.

Pilihlah karbo yang dapat dengan cepat diserap oleh tubuh untuk makanan sebelum fitness. Misalnya, pisang yang memiliki zat pati yang dipecah menjadi glukosa. Kemudian tubuh mengubah glukosa ini menjadi glikogen yang akan disimpan sebagai bahan bakar otot dan siap digunakan saat latihan. Jadi, intinya aktivitas fitness kamu akan jadi lebih baik jika kamu memilih karbohidrat untuk dikonsumsi sebagai makanan sebelum fitness.

2. Smoothies untuk makanan sebelum fitness

makanan sebelum fitness-2
Smoothies cocok untuk makanan sebelum fitness karena mengandung serat dari buah dan sayur. (Sumber: Pexels)

Smoothies yang terbuat dari buah segar menjadi salah satu pilihan terbaik untuk makanan sebelum fitness. Smoothies mengandung banyak mineral, vitamin, dan serat dari buah-buahan serta sayuran. Kandungan tersebut dapat membuat kamu tetap berenergi selama berolahraga.

Protein yang didapatkan dari minuman ini dapat terurai dengan cukup cepat menjadi bahan bakar untuk berolahraga sehingga kebutuhan kamu akan energi akan dapat tersedia secara instan. Sebagai variasi kamu bisa menambahkan setengah cangkir plain yoghurt rendah lemak untuk asupan energi tambahan dan membuat makanan sebelum fitness kamu semakin berselera.

3. Omlet sayur untuk makanan sebelum fitness

makanan sebelum fitness-3
Banyak gizi yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumi telur dan sayuran sebagai makanan sebelum fitness. (Sumber: Friendly's Restaurant)

Telur dadar dengan campuran sayur merupakan menu yang cocok untuk makanan sebelum fitness. Seperti makanan lengkap lainnya, menu telur ini memiliki kadar bioavailable tertinggi. Vitamin A, B5, B12, B2, folat, fosfor, kalsium, selenium dan zink merupakan sebagian kecil zat gizi yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumi telur dan sayuran sebagai makanan sebelum fitness.

Ini adalah sebuah pengukuran terhadap seberapa besar manfaat kemampuan protein yang dikandungnya untuk tubuh. Telur ini dikategorikan sebagai makanan dengan nilai biologis mencapai 100.

4. Putih telur untuk makanan sebelum fitness

makanan sebelum fitness-4
Asam aminon pada putih telur baik untuk dimanfaatkan sebagai makanan sebelum fitness. (Sumber: Pexels)

Putih telur memiliki kandungan protein yang lebih kaya dibandingkan bagian kuning telurnya (sekitar 3 sampai 4gram protein). Kandungan asam amino yang terdapat pada protein alami putih telur juga sangat baik sebagai nutrisi pembentuk otot. Jadi tidak salah jika kamu mengonsumsi putih telur sebelum fitness.

Selain itu, asam amino ini juga baik untuk mencegah terjadinya katabolik (penyusutan volume otot) selama kamu melakukan latihan yang cukup intens. Cobalah mengonsumsi tiga butir putih telur sebagai makanan sebelum fitness untuk asupan protein maksimal guna menghasilkan energi yang dibutuhkan saat berolahraga.

5. Daging kalkun untuk makanan sebelum fitness

makanan sebelum fitness-5
Daging kalkum cocok sebagai makanan sebelum fitness dan pembentukan otot. (Sumber: Fed and Fit.)

Daging kalkun merupakan sumber protein tanpa lemak yang mudah dicerna dan tidak akan menyebabkan gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan daging kalkun kaya akan protein dan mengandung sedikit karbohidrat dan lemak sehigga dapat membantu memenuhi nutrisi harian bagi siapa saja yang sedang melakukan prose pembentukan tubuh.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan dijadikan Turkey Wraps dengan balutan sayur sebagai pembungkusnya. Sayur ini berfungsi untuk mengurangi kalori dan karbohidrat dari roti yang biasa digunakan.

Menu ini cocok sebagai menu program menghilangkan lemak dan pembentukan otot. Jadi akan sangat baik jika kamu memilih daging kalkun sebagi makanan sebelum fitness.

6. Ubi Jalar untuk makanan sebelum fitness

Makanan sebelum fitness-5
Ubi jalar mampu memperbaiki otot yang rusak saat melakukan fitness. (Sumber: Pexels)

Kamu juga bisa mencoba ubi jalar sebagai makanan sebelum fitness. Ubi jalar mengandung karbohidrat yang lebih tinggi dari berbagai buah-buahan lain seperti mangga, yaitu sekitar 85,8 kalori untuk 100 gram. Ubi jalar juga memiliki gula alami yang lebih banyak dari kentang, namun dengan jumlah kalori yang lebih sedikit.

Dengan kemampuannya sebagai sumber karbohidrat, ubi jalar juga memiliki kandungan kalium yang mampu mengisi 14% kebutuhan kalium kamu per harinya.

Selain itu, ubi jalar juga bisa memperbaiki sekaligus mencegah kelelahan otot saat kamu fitness, jadi akan lebih baik jika kamu mengonsumsi ubi jalar sebagai makanan sebelum fitness.

7. Oatmeal untuk makanan sebelum fitness

Makanan sebelum fitness-6
Sebagai makanan sebelum fitness, oatmeal cukup lama dicerna tubuh. (Sumber: Pexels)

Kamu juga bisa memilih oatmeal sebagai makanan sebelum fitness. Mengapa oatmeal jadi masuk ke dalam daftar makanan sebelum fitness? Karena oatmeal memiliki sifat yang terserap lebih lama dalam percernaan, sehingga bisa memberikan energi yang lebih lama saat kamu sedang melakukan fitness. Gandum yang menjadi bahan dasar oatmeal merupakan sumber karbohidrat kompleks terbaik.

Pada dasarnya oatmeal memang memiliki rasa yang hambar. Jadi, untuk membuat makanan sebelum fitness kamu terasa lebih nikmat, kamu bisa mencampur oatmeal dengan berbagai buah-buahan seperti strawberry, yoghurt, dan susu sebagai makanan sebelum fitness kamu.

Selain baik untuk makanan fitness, oatmeal juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga dapat mengontrol kadar gula darah kamu. Jadi, jangan ragu-ragu untuk memilih oatmeal untuk makanan sebelum fitness. Dan konsumsi oatmeal minimal 30 menit sebelum kamu memulai fitness.

8. Roti Gandum untuk makanan sebelum fitness

makanan sebelum fitness-8
Gandum mengandung banyak karbohodrat yang mampu menjadi sumber tenaga. (Sumber: Pexels)

Makanan sebelum fitness yang wajib kamu coba selanjutnya adalah roti gandum. Gandum mengandung banyak karbohodrat yang mampu menjadi sumber tenaga yang bisa kamu gunakan saat sedang fitness.

Roti gandum mengandung 80 sampai 90 kalori, 2gram serat, dan hanya memiliki sekitar 1gram gula per-lembarnya. Semua hal itu membuat roti gandum cukup ideal untuk jadi makanan sebelum fitness.

Tapi ingat, sebaiknya kamu pilih roti gandum yang memiliki kandungan gandum minimal 80 persen sebagai makanan sebelum fitness. Karena jika dibawah 80 persen, roti tersebut akan banyak mengandung sampuran tepung terigu dan gula. Sehingga tidak kurang tepat jika kamu konsumsi untuk makanan sebelum fitness.

Kamu bisa mengonsumsi roti gandum dengan madu, selai kacang, yoghurt, dan telur untuk menambah asupan gizi kamu sebelum melakukan fitness.

Itulah 8 makanan sebelum fitness yang bisa kamu coba konsumsi. Jadi, mana yang paling menggugah selera kamu?

Oleh : Dimas Aryana Wigraha

>>> Silahkan Share artikel diatas, dengan mengklik aplikasi di bawah ini ::

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “Makanan Wajib Sebelum Fitness

  1. I’m extremely impressed along with your writing talents and also with the format on your blog.
    Is this a paid topic or did you customize it your self? Anyway
    stay up the excellent high quality writing, it is uncommon to look a great
    blog like this one nowadays..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *