Mengenal Weight Gainer atau Mass Gainer

Apakah kamu bertubuh ectomorph dengan tipe badan yang kurus, ceking, kesulitan menaikkan berat badan dan membentuk otot? Jika iya, cobalah weight gainer atau mass gainer.

Apakah itu weight gainer/mass gainer?

Weight gainer atau mass gainer adalah suplemen fitnes untuk membantu kamu yang sulit mendapatkan kalori yang besar. Weight gainer/mass gainer adalah campuran dari berbagai karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, asam amino dari berbagai suplemen seperti whey, creatine, putih telur, BCAA dan lainnya.

Setiap porsinya mengandung 360 kalori sampai lebih dari 1000 kalorie, dari 16g protein sampai 60g protein. Dan biasanya dikonsumsi bersama air atau susu, sebelum atau setelah latihan. Suplemen mass gainer yang ada dipasaran contohnya  serious mass, super mass gainer dan king mass.

Fungsi Weight Gainer

Weight gainer atau mass gainer keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu menaikkan berat badan, membentuk otot dan memperbesar otot. Perbedaannya mass gainer mengandung kalori dan lemak yang sedikit lebih rendah dari weight gainer.

Jika kamu dalam tahap menaikkan berat badan dan juga membentuk otot atau membesarkan otot, kamu membutuhkan kalori yang besar. Kalori yang diperlukan untuk menaikkan berat badan dan membentuk otot 2200-3200 kalori dalam sehari tergantung usia dan jenis kelamin. Kalori yang besar bisa didapat melalui makanan, tetapi bagi sebagian orang, tidak selalu bisa atau tidak mempunyai waktu untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar.

Sebagai contoh, jika kamu perlu 2200 kalori dalam sehari, sedangkan 100g dada ayam tanpa kulit hanya terdapat 110 kalori, 1,24 g lemak, 0 karbohidrat dan 23,09 protein. Atau pada 100g steak sapi terdapat 187 kalori, 6.63g lemak, 0 karbohidrat dan 29,81g protein. Berapa kilo dada ayam atau steak sapi yang harus dimakan agar kebutuhan kalori per hari terpenuhi? Berapa biaya yang harus dikeluarkan per hari untuk mendapatkan kalori yang cukup dari makanan?

Asupan Kebutuhan Kalori

Jika dibandingkan, harga perkilo daging jelas lebih mahal dari suplemen weight gainer atau mass gainer, belum lagi kandungan lemak jenuh pada daging lebih tinggi dan juga tergantung proses memasak, selain itu kemampuan mengkonsumsi makanan setiap orang berbeda. Weight Gainer atau mass gainer adalah solusinya, keduanya bisa mengisi kebutuhan kalori yang kamu perlukan karena dalam satu porsinya mengandung 320 kalori sampai lebih dari 1000 kalori. Dengan harga yang lebih terjangkau dan lebih praktis dikonsumsi.

Kandungan dalam weight gainer dan mass gainer merupakan gabungan dari berbagai suplemen seperti creatine, sehingga kamu tidak perlu membeli suplemen creatine.

Tetapi untuk menaikkan berat badan dan membentuk otot, juga tergantung dari latihan. Weight gainer/mass gainer harus diimbangi dengan latihan yang berat, jika tidak, akan terjadi penumpukan lemak bukan otot. Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perlu dilakukan diet ketat rendah lemak untuk makanan sehari-hari.

Sumber : Suplemengym

Mungkin Anda Menyukai