Tips Aman Olahraga Saat Memasuki New Normal

Masa isolasi mandiri karena diakibatkan adanya pandemi Covid-19 sudah dijalankan oleh masyarakat Indonesia selama kurang lebih 3 bulan. Wabah virus corona yang masih berlangsung hingga saat ini membuat masyarakat harus menjaga diri agar tidak terinfeksi.

Pastinya Anda sudah memahami akan pentingnya untuk rajin mencuci tangan dan menjaga jarak dengan orang lain. Namun, hal tersebut harus disiplin untuk diterapkan agar dapat terhindar dari serangan virus ini.

Perlu diingat bahwa orang yang bisa menjaga diri sendiri adalah Anda sendiri juga. Maka dari itu, lakukan penjagaan diri sebaik mungkin agar tidak merugikan oran banyak merupakan cara yang paling tepat.

Di samping pentingnya mengonsumsi makanan dengan nutrisi lengkap, kamu juga bisa memperkuat imun dengan tetap berolahraga. Meskipun harus di rumah saja, Anda juga tetap bisa berkeringat untuk menjaga kesehatan. Bahkan saat ini juga semakin banyak olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah.

Untuk mengetahui secara rinci, berikut kami telah rangkum 6 tips aman olahraga saat memasuki masa new normal :

1. Pastikan Kebersihan Diri

Tips aman olahhraga saat memasuki masa new normal yang pertama adalah pastikan untuk memeriksa kebersihan diri sendiri. Walaupun berolahraga secara sendiri tetapi jangan sampai Anda lengah dengan kebersihan diri sendiri.

Pastikan tubuh dalam keadaan bersih untuk menghindari perpindahan virus. Selain itu, Anda juga perlu memastikan tubuh dalam keadaan prima untuk berolahraga. Perlu diingat, olahraga tidak harus sampai banjir keringat.

Lakukan olahraga yang tepat dan benar untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Jangan paksakan diri untuk langsung melakukan kegiatan fisik berat, apalagi jika tubuh sudah lama tidak melakukan olahraga.

2. Jaga Kebersihan Lingkungan Olahraga

ilustrasi alat kebersihan

©shutterstock.com/Africa Studio

Tips aman olahraga saat memasuki masa new normal berikutnya adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan olahraga Anda. Dengan melakukan hal ini maka bisa meminimalisir penyebaran virus corona.

Anda bisa memulai dengan membersihkan lingkungan sekitar sebelum melakukan olahraga. Selain itu bersihkan juga peralatan olahraga yang akan digunakan.

Lakukan hal ini sebelum dan sesudah berolahraga. Anda juga bisa membuat jadwal rutin untuk membersihkan peralatan olahraga agar lebih terawat.

3. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Tips aman olahraga saat memasuki masa new normal berikutnya adalah jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan. Hal ini merupakan salah satu bagian penting dalam berolahraga.

Dengan melakukan pemanasan sebelum olahraga akan mampu meregangkan otot-otot tubuh. Dengan begitu, tubuh akan lebih siap untuk melakukan gerakan olahraga yang lebih aktif selanjutnya.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan peregangan tubuh juga ketika di sesi akhir olahraga. Gerakan-gerakan peregangan otot saat pendinginan ini bisa membuat tubuh kembali rileks setelah berolahraga.

Dengan begitu, otot bisa sedikit demi sedikit kembali tenang sebelum akhirnya berhenti.

4. Tetap Menjaga Jarak

mengenal social distancing dan pengaruhnya tekan covid 19

AFP Photo ©2020 Merdeka.com

Tips aman olahraga saat memasuki masa new normal berikutnya adalah dengan tetap menjaga jarak aman saat melakukan olahraga. Sebaiknya hindari olahraga yang terlalu berdekatan dengan orang lain. Karena Anda tidak tahu bagaimana kondisi tubuh orang lain ketika sedang melakukan aktivitas bersama

Virus yang memiliki ukuran begitu kecil akan sulit untuk dideteksi mata ketika berada dalam tubuh seseorang. Dan yang terpenting, jangan lupa juga pastikan kondisi tubuh juga dalam keadaan sehat untuk melakukan olahraga agar tidak membahayakan untuk orang lain.

5. Perhatikan Intensitas dan Durasi

Tips aman olahraga saat memasuki masa new normal adalah dengan memerhatikan intensitas dan durasi. Dalam melakukan aktivitas olahraga sebaiknya tidak boleh berlebihan. Karena hal tersebut dapat menyebabkan over training yang bisa berdampak pada gangguan kesehatan.

Maka dari itu, disarankan olahraga fisik dilakukan dalam 3-5 kali dalam seminggu. Durasi selama berolahraga juga cukup dilakukan dalam 30-35 menit.

6. Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

ilustrasi dehidrasi

Shutterstock/Maridav

Tips aman olahraga saat memasuki new normal yang terakhir adalah dengan memastikan kondisi tubuh tetap terhidrasi. Pastikan cairan tubuh selalu dalam keadaan cukup. Karena berolahraga akan membakar kalori dan membuat tubuh kehilangan cairan.

Sumber : Merdeka | Brilio

Mungkin Anda Menyukai