Tips Memilih Produk Susu yang Sehat dan Rendah Lemak

Susu adalah kelompok makanan yang penting sebagai sumber protein dan kalsium, yang dibutuhkan untuk tulang. Susu juga mengandung kalium dan vitamin D. Namun, produk-produk olahan susu seperti yogurt, keju, dan makanan penutup berbahan dasar susu seperti es krim, yogurt beku, dan puding sebagian besar tidak bisa memberi Anda nutrisi dalam bentuk vitamin D karena telah melewati proses olahan.

Meskipun susu adalah sumber makanan yang bergizi, namun memilih produk olahan susu tidak boleh sembarangan. Karena susu yang mengandung lemak tinggi tidak disarankan dikonsumsi oleh orang yang sedang diet atau sedang dalam keadaan kegemukan.

Berikut adalah tips memilih produk susu dan olahan susu agar tetap sehat.

1. Pilih yang bebas lemak atau 1 persen lemak

Terlalu banyak lemak dalam makanan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung atau obesitas . Produk susu bisa mengandung lemak jenuh yang tinggi, yang menyebabkan penyakit jantung.

Susu biasa (dairy milk) mengandung 3,25 persen lemak, mungkin terdengar sedikit namun setiap gelas 8 ons susu penuh lemak sama dengan sekitar 25 persen dari batas lemak jenuh harian Anda.

Dilansir dari Everydayhealth.com, berdasarkan penelitian Happy Pantry Nutrition Anda tetap bisa menikmati susu atau olahan susu tanpa takut menimbun lemak dengan memilih susu bebas lemak (skim) dan yougurt tanpa lemak.

2. Cek kandungan gula tambahan

Beberapa produk olahan susu, seperti yoghurt atau es krim, mungkin mengandung banyak gula tambahan. Hal ini tentu tidak baik bagi kadar gula dalam darah. Penting untuk membaca dan membandingkan label nutrisi dalam kemasan olahan susu yang ingin Anda beli. Pilihlah olahan susu dengan kadar gula yang rendah.

3. Beli susu yang kaya vitamin dan mineral

Beberapa produk susu telah menambahkan vitamin dan mineral dan diberi label diperkaya. Fortifikasi sangat penting jika Anda memilih pengganti susu seperti susu kedelai atau susu beras. Versi yang diperkaya dari produk-produk ini akan mengandung kalsium dan vitamin yang biasanya Anda dapatkan dari susu.

4. Pilih susu organik

Dilansir dari Matters sama seperti panduan untuk membeli telur, susu organik lebih baik daripada susu non-organik. Susu organik adalah susu yang dihasilkan dari sapi yang diberi pakan organik, seperti rumput tanpa pestisida dan bahan makanan yang terbebas dari bahan kimia dan sapi tidak diberi hormon apa pun.

Oleh : Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis 

>>> Silahkan Share artikel diatas, dengan mengklik aplikasi di bawah ini ::

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *